Persekitaran Web Patuh Muslim.. Ketahuiselanjutnya

4 Keutamaan Bulan Rajab

Focus On Our Ultimate Purpose
Focus On Our Ultimate Purpose
Focus On Our Ultimate Purpose

Assalamualaikum Sahabat SalamWeb—Alhamdulillah, kita semua dipertemukan dengan Bulan Rajab di tahun ini, dan semoga kita semua berjumpa dengan bulan Sya’ban dan bulan Ramadlan. Amin ya Robbal Alamin.

Bulan Rajab adalah bulan yang mulia bersama dengan tiga bulan yang lain yang diagungkan umat Islam. Bulan ini disambut dengan semaraknya puasa sunnah yang dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Tentu ada alasan kenapa bulan Rajab menjadi bulan yang begitu dimuliakan yang tidak belum tentu dimiliki oleh bulan yang lain.

Bulan Rajab juga dikenal dengan bulan Al-Ashab yang menjadi bulan menetesnya begitu banyak kebaikan, Al-Ashamm yang berarti tuli akan suara senjata dan tidak diperbolehkannya perang. Serta bulan Rajam yang berarti ini adalah bulan dimana manusia berusaha melawan setan sungguh-sungguh dengan cara melemparinya dengan batu.

Pertanyannya adalah, kenapa bulan Rajab menjadi salah satu bulan yang mulia? Berikut keajaiban bulan Rajab yang perlu kita semua pahami sebagai umat Islam.

Diantaranya adalah:

1.      Bulan Rajab adalah  bulan Haram. Dijuluki demikian karena bulan ini adalah bulan yang mulia dan disandingkan dengan beberapa bulan lain seperti Muharram, Dzulhijjah dan Dzulqa’dah. Pada bulan ini, umat Islam tidak diperkenankan atau tepatnya dilarang untuk menganiaya diri mereka sendiri, termasuk juga tidak diperbolehkan untuk berperang. Ini seperti yang dinyatakan dalam surat At Taubah ayat 36. Pada bulan Haram, dosa yang dilakukan akan dilipatgandakan, begitu juga dengan pahala yang di dapat.

2.      Bulan Rajab adalah bulan Allah. Disampaikan oleh KH. Wahyul Afif Al-Ghafiqi bahwa yang menjelaskan bahwa, Nabiyullah Muhammad SAW mengatakan bahwa Ramadlan adalah bulan umat, Sya’ban adalah bulan Nabi Muhammad, dan Rajab adalah bulan Allah.

3.      Bulan Rajab adalah bulannya Nabiyullah Muhammad SAW melakukan isro’ mi’roj. Nabi Muhammad mendapatkan perintah melakukan isro’ mi’roj pada malam 27 Rajab dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Nabi Muhammad naik ke langit ke tujuh hingga sampailah di Sidrotul Muntaha. Salah satu perintah penting yang didapatkan adalah perintah untuk shalat 5 waktu yang menjadi rukun Islam dan dikerjakan umat Islam sampai saat ini.

4.      Di bulan Rajab ini, pintu maaf Allah dibuka selebar-lebarnya. Bulan Rajab adalah bulan penuh ampunan dan pas untuk bertaubat. Perbanyak memohon ampunan, dan perbanyak membaca sayyidul istighfar serta kalimat thoyyibah seperti tasbih, tahmid dan takbir agar Allah mengampuni segala dosa-dosa kita, dan memperluas rejeki kita. Aamiin.

Dengan banyaknya manfaat yang di dapat selama bulan Rajab, memperbanyak amal ibadah di bulan ini tentu sangat dianjurkan. Salah satunya adalah dengan menjalankan ibadah puasa. Barang siapa yang menjalankan puasa Rajab satu hari saja di bulan ini maka akan didapatkan pahala atasnya puasa selama satu tahun lamanya. Barang siapa yang berpuasa selama 7 hari lamanya di bulan yang sama, maka akan diperoleh ganjaran berupa ditutupnya 7 pintu nerak. Dan barang siapa yang menjalankan puasa selam 8 hari lamanya, maka 8 pintu surga akan terbuka lebar untuknya. Sungai Rajab dengan aliran airnya yang lebih putih dari susu dan rasanya yang manis melebihi madu menjadi imbalan atas mereka yang mengagungkan Bulan Rajab dengan berpuasa di bulan tersebut.

Mari memperbanyak amal ibadah di bulan nan suci ini dan memperbanyak memohon ampun kepada Allah SWT dengan memperbanyak kalimat thoyyibah.

Ingin berkata sesuatu?

Sila berhubung!

Related articles
arabian astronomy book Dunia Muhammad Nassar 17-Mac-2020 Sejarah Politik Islam
Pendapat
Pendapat 14-Mac-2020
Nor Fadhil
Kolumnis

Islamophobia merupakan salah satu bentuk perkauman dan orang Islam adalah kumpulan sebuah kaum sama seperti kumpulan keugamaan dan kumpulan politik. Umat Islam sering dianggap kelompok monolitik. Mereka dianggap tidak peka pada pertimbangan yang rasional dan logik, dan bersifat ganas. Kehidupan mereka dikatakan tidak sesuai dengan cara kehidupan Barat. Atas sebab inilah orang kulit putih yang memeluk Islam dan dibesarkan di Britain disuruh pulang ke negara asal mereka, kerana menurut pandangan orang luar, Islam dan berkulit putih adalah konsep yang bercanggah.

Teruskan Teruskan
Pendapat
Pendapat 08-Mac-2020
Muhammad Nassar
Taufiq Sugeng
Kolumnis

Semenjak Donald Trump muncul untuk bertanding dalam pilihanraya, pendapat umum adalah beliau merupakan kelainan dan perubahan arah tuju. Selepas memilih President kulit hitam yang pertama, golongan liberal berharap akan terpilih pula pemimpin wanita.

Teruskan Teruskan
Kepercayaan Muhammad Aslam 08-Mac-2020 Dahsyatnya Keutamaan Puasa di Bulan Rajab