Persekitaran Web Patuh Muslim.. Ketahuiselanjutnya

Bulan Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Persiapan Umat Muslim yang boleh dilakukan menjelang Ramadhan 2020

The Qur'an, holy book of Islam
© Desky Dwisaputra | Dreamstime.com

Bulan Ramadhan sebentar lagi. Sudahkah Anda bersiap? Kalau belum, SalamWeb akan memberikan informasi yang Anda butuhkan guna mempersiapkan bulan Ramadhan, mulai dari segi agama hingga dari segi kesehatan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Guna Mempersiapkan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kemuliaan yang besar. Menurut ajaran agama Islam, di bulan yang istimewa ini nilai ibadah akan digandakan, dosa diampuni, doa-doa dikabulkan dan pintu surga akan dibuka. Demi memantaskan diri memasuki bulan Ramadhan, SalamWeb akan berbagi informasi aktivitas apa saja yang bisa dilakukan umat Muslim sebelum Ramadhan.

 Berpuasa Sunnah pada bulan Sya’ban

Puasa Sunnah di bulan Sya’ban menjadi hal wajib bagi umat Islam sebagai persiapan menghadapi bulan Ramadhan. Puasa ini dilakukan demi mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum melakukan puasa selama 30 hari lamanya.

Memperbaiki pola tidur

Di bulan Ramadhan Anda harus memiliki waktu tidur yang memadai karena harus menyiapkan sahur dan lainnya. Perhatikan pola tidur Anda, jangan sampai terlalu sering begadang hingga akhirnya lupa sahur. Tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas puasa bahkan mempengaruhi kesehatan Anda untuk jangka panjang.

 Mengonsumsi makanan sehat

Bukan hanya pola tidur, Anda juga perlu menjaga kesehatan termasuk mempersiapkan makanan dan minuman yang bergizi menjelang dan selama bulan Ramadhan. Mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan vitamin termasuk persiapan jasadiyah karena membuat tubuh lebih sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat juga termasuk investasi kesehatan untuk jangka panjang.

 Mempersiapkan hal-hal fisik

Rekomendasi aktivitas lainnya dari SalamWeb yakni mempersiapkan hal-hal fisik. Hal-hal fisik yang dimaksud di sini seperti bahan makanan, perlengkapan memasak dan uang untuk sedekah maupun menyiapkan makanan buka puasa bagi umat Muslim di masjid terdekat. Persiapan ini dalam agama Islam termasuk sebagai persiapan maaliyah atau harta.

 Lebih banyak belajar kajian agama

Menjelang Ramadhan dan selama Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk memperdalam wawasan kita perihal ajaran-ajaran Islam. Selama bulan Ramadhan akan banyak sekali kajian dan informasi keagamaan yang diberikan oleh para kiai yang memudahkan umat memahami bulan Ramadhan lebih dalam. Persiapan ini disebut juga sebagai tsaqafiyah atau keilmuan.

Membersihkan hati maupun pikiran

Dalam agama apapun, masa puasa merupakan masa membersihkan hati dan pikiran. Demikian pula bulan Ramadhan merupakan masa yang tepat untuk menyingkirkan segala penyakit hati seperti riya, dengki, hasad, dendam dan lainnya. Persiapan ini bagi umat Muslim disebut juga sebagai persiapan ruhiyah atau keimanan.

Membuat target ibadah di bulan Ramadhan

Banyak umat Muslim yang mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai target ibadah. Hal ini sangat positif karena bisa mendorong umat untuk lebih bersemangat mendalami ajaran Islam. Beberapa hal yang bisa dijadikan target ibadah seperti ibadah Sunnah, sedekah, Tilawah Alquran, salat Tarawih dan kegiatan lainnya. Bila perlu catat informasi jadwal dan target ibadah di dalam smartphone agar selalu teringat.

Membayar hutang

Persiapan lainnya yang direkomendasikan oleh SalamWeb adalah membayar hutang. Nah, membayar hutang sebenarnya tak hanya harus dilakukan menjelang bulan Ramadhan, tapi juga sesegera mungkin setelah Anda berhutang kepada orang lain. Selain menghindari akumulasi penumpukan beban biaya, Anda juga akan merasa lebih lega bila membayar hutang sesegera mungkin.

Berdoa dan bergembira menyambut Ramadhan

Sahabat SalamWeb, bulan Ramadhan akan terasa lebih indah bila disambut dengan rasa gembira. Jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga berkah untuk sesama umat Muslim maupun umat beragama lainnya.

Ingin berkata sesuatu?

Sila berhubung!