Persekitaran Web Patuh Muslim.. Ketahuiselanjutnya

Dahsyatnya Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

ID 117257545 © Akulamatiau | Dreamstime.com

Assalamualaikum Sahabat SalamWeb yang berbahagia. Alhamdulillah, sampailah kita di bulan Rajab yang selalu kita rindukan, seperti dalam doa yang senantiasa kita panjatkan saat memasuki bulan Rajab:

Allahumma barrik lana fi rojaba wa sya’bana wa ballighna romadhona

Yang artinya, ya Allah berkahilah selalu kami di bulan rajab dan bulan sya’ban dan sampaikanlah kami pada bulan Romadhon. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan di bulan Rajab yang mulia ini. Aamiin.

Banyak sekali keutamaan yang dapat di raih di bulan Rajab. Salah satu caranya adalah dengan berpuasa. Puasa sendiri memberikan banyak manfaat bagi kita secara fisik, psikis dan spiritual.  Secara umum puasa melatih kita untuk senantiasa ikhlas, sabar, menghindarkan diri dari dosa, lebih santun, lebih penyayang, lebih dekat kepada Allah, merasa gembira, sehat dan disiplin waktu.

Dalam Islam, berpuasa di bulan Rajab sangat dianjurkan. Ini tidak lain karena kita akan mendapatkan berbagai keutaman berpuasa di bulan Rajab diantaranya adalah:

1.      Mendapatkan Surga Firdaus

Diantara sekian banyak surga yang ada, surga yang paling tinggi adalah surga Firdaus. Tidak semua orang berkesempatan memasukinya. Namun, surga ini menjadi imbalan atau pahala bagi siapa saja yang berpuasa sehari di bulan Rajab. Ya, surga adalah imbalan utama bagi mereka para muslim yang rajin berpuasa.

2.      Meneguk minuman lezat dari sungai Rajab

Dalam kitab yang ditulis oleh Abu Asyeikh ibnu Hibban, beliau meriwayatkan bahwa barang siapa yang rajin berpuasa di bulan Rajab maka mereka akan mendapatkan minuman yang lezat yang diperoleh dari Sungai Rajab. Sungai ini adalah salah satu sungai yang ada di surga dengan alirannya yang secara fisik lebih putih dari susu, dan manisnya pun lebih manis dari madu.

Barang siapa yang menghendaki imbalan di atas, dan ridho dari Allah SWT, hendaklah kita selalu berupaya untuk menjalankan puasa di bulan Rajab yang penuh berkah ini.

3.      Terbukanya pintu surge

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa barang siapa yang berpuasa di bulan Rajab maka akan mendapatkan imbalan atas puasa yang dilakukannya. Pahala yang dijanjikan adalah:

Muslim yang berpuasa sehari maka pahala atasnya puasa selama satu tahun.

Muslim yang berpuasa selama 7 hari di bulan Rajab, maka 7 pintu neraka akan tertutup atasnya.

Muslim yang berpuasa selama 8 hari di bulan Rajab, maka padanya dibukakan delapan pintu surga

Muslim yang menjalankan puasa selama 10 hari lamanya maka padanya semua dosanya dihapus dan diganti dengan kebaikan.

Bula Rajab disebut sebagai bulan Al-Ashab yang artinya tetesan atau menetes. Disebut demikian karena bulan ini menjadi bulan menetesnya segala kebaikan. Rajab juga berarti Al-Ashamm  yang berarti yang tuli. Maksud dari tuli disini adalah tidak diperkenankan pada bulan ini terjadi perang. Rajab juga identik dengan kata Rajam yang artinya adalah melempari setan sebagai bukti perlawanan dan juga pertahanan kita sebagai manusia.

Oleh sebab banyaknya pahala yang di dapat dengan melakukan puasa selama bulan Rajab, disarankan bagi kita semua umat Islam di seluruh dunia untuk rajin menjalankan ibadah puasa, entah itu selama sehari, dua hari, tiga hari sesuai niat dan kemampuan dengan ganjaran pahala seperti yang sudah disampaikan di atas.

Sambut Rajab dengan gembira dan perbanyak beribadah di bulan ini. Semoga kita semua menjumpai Sya’ban dan Ramadhan di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Ingin berkata sesuatu?

Sila berhubung!

Related articles
arabian astronomy book Dunia Muhammad Nassar 17-Mac-2020 Sejarah Politik Islam
Pendapat
Pendapat 14-Mac-2020
Nor Fadhil
Kolumnis

Islamophobia merupakan salah satu bentuk perkauman dan orang Islam adalah kumpulan sebuah kaum sama seperti kumpulan keugamaan dan kumpulan politik. Umat Islam sering dianggap kelompok monolitik. Mereka dianggap tidak peka pada pertimbangan yang rasional dan logik, dan bersifat ganas. Kehidupan mereka dikatakan tidak sesuai dengan cara kehidupan Barat. Atas sebab inilah orang kulit putih yang memeluk Islam dan dibesarkan di Britain disuruh pulang ke negara asal mereka, kerana menurut pandangan orang luar, Islam dan berkulit putih adalah konsep yang bercanggah.

Teruskan Teruskan
Focus On Our Ultimate Purpose Kepercayaan Muhammad Nassar 09-Mac-2020 4 Keutamaan Bulan Rajab
Pendapat
Pendapat 08-Mac-2020
Muhammad Nassar
Taufiq Sugeng
Kolumnis

Semenjak Donald Trump muncul untuk bertanding dalam pilihanraya, pendapat umum adalah beliau merupakan kelainan dan perubahan arah tuju. Selepas memilih President kulit hitam yang pertama, golongan liberal berharap akan terpilih pula pemimpin wanita.

Teruskan Teruskan