Persekitaran Web Patuh Muslim.. Ketahuiselanjutnya

Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan

Sunlight in background young muslim praying in the forefront
© Allies Interactive Services Private Limited | Dreamstime.com
Sunlight in background young muslim praying in the forefront

Ramadhan sebentar lagi hampir tiba. Bulan yang selalu ditunggu oleh seluruh umat muslim​ di dunia ini selalu datang tiap tahunnya. Di tahun 2020 ini 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 24 April hingga 23 Mei. Sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang suci ini? Mungkin saat ini Anda sudah harus mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

SalamWeb sebagai salah satu website dan aplikasi yang menyediakan ​informasi​ mengenai​ berbagai hal. Misalnya informasi mengenai kesehatan, politik, dan pastinya juga tentang agama, terutama informasi mengenai agama ​Islam​.​

Kembali lagi kepada topik mengenai bulan ramadhan, SalamWeb menyediakan informasi mengenai bulan ramadhan yang akan tiba sebentar lagi, termasuk juga hal yang harus Anda persiapkan dalam menyambut bulan suci ramadhan. Ini dia beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam menyambut bulan suci ramadhan.

Meningkatkan ibadah 

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menyambut bulan ramadhan adalah memperbaiki ibadah dan tentunya memperbanyak beribadah kepada Allah SWT. Anda bisa meningkatkan ibadah Anda dengan melaksanakan ibadah Sunnah lainnya seperti sholat tarawih, membaca Alquran dan lainnya namun jangan sampai melupakan ibadah wajibnya.

Membayar hutang puasa 

Sebelum bulan ramadhan mulai, ada baiknya Anda sudah mengganti hutang puasa Anda di bulan sebelumnya. Seperti yang telah diketahui bahwa hutang harus dibayar lunas, termasuk juga hutang puasa. Anda bisa melaksanakannya kapan saja sembari berlatih kembali untuk menjalankan ibadah puasa.

Menahan diri 

Hal ini menjadi aspek terpenting dari persiapan bulan ramadhan adalah menahan diri dari segala hal yang negatif. Meskipun terkesan sulit untuk dilakukan, namun Anda harus melakukannya agar ibadah menjadi makin sempurna. Anda harus memperhatikan hal-hal kecil yang merujuk pada hal negatif yang sering Anda lakukan. Misalnya sering membicarakan orang lain, atau mungkin percaya terhadap kebohongan atau hoax yang diucapkan oleh orang lain. Anda harus bisa menahannya bahkan sama sekali tidak berbuat seperti itu.

Membiasakan pola makan 

Anda harus membiasakan diri untuk mengatur pola makan seperti pola makan saat Ramadan. Tentu saja pola makan Anda ketika puasa berbeda dengan biasanya. Tentunya Anda harus membiasakan diri dengan hal itu agar tidak terkena penyakit lambung seperti maag.

Mengubah pola tidur 

Tentunya hal penting lainnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah atau membenarkan pola tidur Anda. Hal ini sangat penting karena Anda tentunya harus bangun pagi hari sekitar pukul 03.00 WIB atau waktu setempat. Hal ini berlaku bagi Anda yang sering tidur tengah malam atau begadang agar tidak bangun kesiangan.

Melakukan pemeriksaan 

Melakukan pemeriksaan tubuh sebelum mulai ramadhan tentunya juga penting untuk diri Anda agar diri lebih siap dalam menyambut bulan ramadhan. Anda yang memiliki penyakit khusus seperti diabetes, darah tinggi, dan lainnya harus mengkonsultasikan mengenai kesehatan tubuh dan apakah tubuh sanggup untuk menjalankan ibadah puasa.

Berniat dan mengetahui tujuan 

Tentunya dalam melakukan berbagai hal Anda harus mengetahui tujuannya, termasuk juga dalam melaksanakan ibadah puasa. Anda harus tahu bahwa berpuasa itu bertujuan untuk beribadah kepada Allah SWT dan tentunya Anda juga harus tahu niat melaksanakan ibadah puasa untuk beribadah kepada Allah SWT. Bulan ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk lebih dekat kepada Allah dengan memperbanyak ibadah seperti sholat Sunnah, membaca Alquran, dan masih banyak lagi. Itu dia informasi mengenai persiapan ramadhan dari SalamWeb. Semoga informasinya bermanfaat

Ingin berkata sesuatu?

Sila berhubung!