Persekitaran Web Patuh Muslim.. Ketahuiselanjutnya

Informasi Tentang Thibbun Nabawi, Metode Pengobatan Muslim Sesuai Kaidah Agama Islam

Kali ini, SalamWeb akan membahas informasi mengenai Thibbun Nabawi. Sebuah metode pengobatan muslim yang terkenal mulai dari zaman penyebaran agama Islam hingga saat ini. Pengobatan metode Thibbun Nabawi telah ada semenjak abad 13 Masehi yang diperkenalkan oleh dokter-dokter islami. Dengan menggunakan beberapa komponen yang telah disebutkan di beberapa riwayat Hadist dan yang terdapat di ayat Al-Qur’an.

Metode Bekam

Metode bekam merupakan salah satu pengobatan yang sudah ada sejak jaman dahulu kala dan dianjurkan oleh Rasulullah. Hal ini telah tertuang pada Hadist Riwayat Bukhari yang menjelaskan bahwa ada 3 cara untuk menyembuhkan penyakit, yaitu minum madu, berbekam dan pengobatan dengan besi panas. Namun, Rasulullah melarang umatnya melakukan pengobatan menggunakan besi panas.

Saat ini, metode berbekam ada 2 jenis yaitu bekam basah dan bekam kering. Keduanya menggunakan pompa karet dan cup atau cangkir silikon. Metode bekam kering yaitu meletakan cangkir silikon di kulit dan menghisapnya menggunakan pompa karet. Cangkir tersebut didiamkan hingga terlihat kulit menggembung ke atas dan terlihat memerah.

Sedangkan metode bekam basah sedikit ada tambahan step sebelumnya. Sebelum kulit dipompa, area kulit yang akan di bekam disayat tipis terlebih dahulu. Lalu, letakkan cangkir silikon tadi di area sayatan tersebut dan sedot dengan pompa karet tadi. Kulit akan menggembung ke atas disertai dengan keluarnya darah. Jika sudah selesai, area sayatan tadi akan diberi antibiotik dan diperban agar tidak muncul infeksi.

Bekas saat berbekam akan hilang kira-kira dalam waktu 10 hari. Area berbekam biasanya ada di punggung, tengkuk, bahu, kaki bahkan area kepala. Manfaat dari bekam bermacam-macam. Dapat membantu menyembuhkan sakit kepala seperti migrain, hipertensi atau darah tinggi, gangguan kesuburan, varises, gangguan pernapasan dan masih banyak lagi.

Pengobatan Menggunakan Madu

Penjelasan SalamWeb tentang madu kali ini datang dari informasi yang telah tertulis di kitab suci Agama Islam, Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 69. Inti dari ayat di kitab suci umat muslim tersebut bahwa madu merupakan cairan yang keluar dari perut lebah dan dapat menjadi penyembuh bagi manusia. Berbagai jurnal penelitian ilmiah seputar madu sudah banyak dilakukan. Madu mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bagi tubuh manusia. Madu memang memiliki sifat anti mikroba karena pH-nya yang rendah. Selain itu, kalori yang terkandung pada madu di setiap 100 gramnya sekitar 294 kalori.

Penggunaan Habbatussauda Atau Jintan Hitam

Habbatussauda atau yang biasa dikenal dengan jintan hitam memiliki kandungan aktif seperti thymol, thymoquinone, protein, kalsium, ferit, natrium dan sebagainya. Selain itu, bijinya mengandung minyak atsiri dan beberapa jenis asam amino. Jintan hitam merupakan obat bagi segala penyakit kecuali kematian, juga telah dijelaskan pada Hadith Riwayat Bukhari.

Cara mengolah habbatussauda untuk dijadikan obat juga beragam. Misalnya ditumbuk halus dan untuk memudahkan meminumnya bisa dimasukkan ke dalam kapsul lunak. Meminum tumbukan habbatussauda dapat melancarkan produksi air susu ibu, meluruhkan batu ginjal dan menyehatkan kandung kemih. Selain itu, jintan hitam juga bisa diolah menjadi minyak. Mengkonsumsi habbatussauda cukup 2 sendok makan setiap harinya dan jangan terlalu banyak.

Pohon Zaitun Dan Buah Tin

Pohon zaitun dan buah tin telah disebut di dalam Al-Quran dan Hadist. Pada Quran Surah An-Nur ayat 35 telah dijelaskan tentang keberkahan pohon zaitun dan olahan minyaknya. Di Hadist Riwayat Baihaqi dan Ibnu Majah juga dianjurkan mengkonsumsi minyak zaitun sebagai lauk dan minyak rambut karena keberkahan pohonnya. Sementara buah zaitun dan buah tin juga telah tertulis pada Al-Qur’an Surah At-Tin ayat 1. Manfaat buah tin dapat menyembuhkan penyakit pada pernafasan dan pencernaan. Sementara olahan zaitun telah lazim digunakan sebagai campuran kosmetik atau menjadi minyak untuk mengolah makanan.

Memakan Buah Kurma

Kurma mengandung 75% karbohidrat yang terdiri dari fruktosa, glukosa dan sukrosa. Selain itu, terdapat kandungan lain seperti potasium dengan kandung tertinggi sebanyak 700 mg, mineral, fosfor, magnesium, kalium dan masih banyak lagi. Bahkan, salah satu jenis kurma yaitu kurma Ajwa, menurut Hadist Riwayat Muslim dan Bukhari, dianjurkan untuk mengkonsumsi 7 butir kurma Ajwa setiap hari saat sarapan karena dapat menangkal sihir dan racun. Informasi mengenai pengobatan muslim tadi, bisa Anda akses lebih lanjut pada SalamWeb. Sebuah web browser yang menyediakan berita sesuai dengan kaidah agama Islam yang benar dan akurat.

Ingin berkata sesuatu?

Sila berhubung!