Persekitaran Web Patuh Muslim.. Ketahuiselanjutnya

Siwak, Sikat Gigi Alami di Zaman Nabi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

ID 67542910 © Mohamed Ahmed Soliman | Dreamstime.com

Selama ini siwak lebih dikenal di kalangan umat Muslim. Batang pohon asal Tanah Arab ini sering dipakai sebagai sikat gigi alami pada zaman dahulu. Penasaran apa saja manfaat siwak untuk kesehatan selain menjaga kebersihan gigi?

Siwak Sudah Dimanfaatkan Sejak Peradaban Awal

Siwak atau miswak merupakan ranting berukuran kecil berwarna cokelat muda dari pohon Salvadora Persica. Ranting miswak sudah dipakai sejak zaman peradaban awal Yunani, Arab dan Romawi Kuno untuk membersihkan gigi dan mulut. Tradisi mengunyah siwak hingga saat ini masih sering dilakukan oleh masyarakat Muslim yang tinggal di jazirah Arab. Bahkan sekitar 50% masyarakat Arab Saudi dan Pakistan lebih memilih menyikat gigi memakai siwak daripada menggunakan pasta gigi.

Manfaat Siwak Bagi Kesehatan

Di dalam agama Islam, penggunaan siwak termasuk di dalam amalan Sunnah Rasulullah. Siwak termasuk dalam empat hal Sunnah Rasul selain menikah, malu dan minyak wangi. Sayangnya, meski dianjurkan oleh Rasulullah, tak jarang umat Muslim melupakan manfaat siwak. Siwak pun lambat laun tergeser dengan penggunaan sikat dan pasta gigi.

Sahabat SalamWeb, siwak yang sudah dikenal sejak 3500 SM terbukti mampu menjaga kesehatan gigi, gusi dan jaringan penyangga gigi. Kandungan antimikroba di dalam siwak mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang sering menimbulkan penyakit gusi maupun gigi berlubang. Informasi dari berbagai penelitian juga menyatakan siwak mampu menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga mencegah gigi berlubang dan memperkuat permukaan email gigi.

Kondisi asam di mulut yang mampu memicu kerusakan gigi dan gusi juga bisa dinetralkan dengan menggunakan siwak. Siwak akan menstimulasi produksi air liur sehingga menetralkan keasaman mulut. Bagi umat Muslim yang memiliki permasalahan bau mulut, siwak bisa mengatasinya dan membuat aroma napas jadi lebih harum.

Kesehatan gigi juga dipengaruhi oleh kebersihan sela-sela gigi. Dengan menggunakan siwak, Sahabat SalamWeb bukan hanya membersihkan gigi dan gusi, tapi juga membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi layaknya benang gigi (dental floss). Penggunaan siwak juga mampu menjaga keputihan gigi sehingga tak mudah menguning.

Sahabat SalamWeb, ternyata bukan hanya batang siwak saja yang bermanfaat bagi kesehatan gigi. Daun tanaman Salvadora Persica juga bisa dipakai sebagai obat kumur. Kandungan antibiotik pada daun siwak bisa mengurangi pembentukan plak gigi dan bakteri.

Pilih Mana Siwak atau Pasta Gigi?

Lalu mana yang lebih baik menurut agama Islam, pakai siwak atau pasta gigi? Agama Islam menganjurkan kebersihan merupakan bagian dari iman umat Muslim, termasuk kebersihan gigi. Oleh karena itu, SalamWeb menyarankan umat untuk memilih produk yang terbaik, aman dan diproses menurut kaidah agama Islam. Informasi yang disimpulkan dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan siwak untuk menyikat gigi mampu mengurangi pembentukan plak secara signifikan daripada penggunaan pasta gigi biasa.

Bahkan informasi yang dirilis dari WHO juga menyatakan mengunyah batang siwak memiliki tingkat efektivitas yang sama dengan membersihkan gigi menggunakan produk sikat dan pasta gigi dari pabrik modern. Lebih lanjut, informasi manfaat pohon siwak bukan hanya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Akar, batang dan daun siwak bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala, nyeri punggung, sakit perut dan nyeri dada.

Dalam agama Islam, siwak memang kaya manfaat. Bahkan menurut beberapa penelitian biji siwak bisa diolah menjadi minyak esensial pereda nyeri reumatik. Batang pohonnya juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan lilin aromaterapi dan sabun mandi. Kulit siwak juga bisa dipakai untuk mengobati luka berkat kandungan lateks di dalamnya. Nah, Sahabat SalamWeb, itulah sekelumit informasi mengenai manfaat siwak. Semoga bermanfaat.

Ingin berkata sesuatu?

Sila berhubung!