Persekitaran Web Patuh Muslim.. Ketahuiselanjutnya

Tips Tampil Segar Bugar saat Puasa

Muslim man in white dress, similar and kid praying at Mosque
© Muhammad Annurmal | Dreamstime.com

Ibadah puasa dalam Islam adalah mencegah diri dari makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari di ufuk barat. Tidak hanya mencegah makan dan minum, namun juga disempurnakan dengan selalu menata niat hati dan mencegah segala hal buruk yang di larang. Di Bulan Rajab seperti saat ini, puasa adalah ibadah yang disarankan karena banyaknya pahala yang di dapat selama di bulan ini. Sering kali kita mendapati banyak orang yang lemas, letih lesu saat berpuasa. Padahal, banyak pula yang tetap beraktivitas seperti sediakala dengan kondisi fisik yang sangat bugar. Intip tips berikut ini agar senantiasa fit saat berpuasa.

1.      Atur waktu tidur

Bagi muslim sekalian yang sudah terbiasa sholat tahajjud, bangun pada jam 3 adalah hal biasa. Namun, bangun di saat sahur tepat pada pukul 3 tentu memerlukan usaha. Contohnya saja begini, saat kita terbiasa begadang dan tidur jam  11 atau jam 12 malam, dengan aktivitas mengerjakan tugas kuliah misalnya, atau dengan tujuan untuk nonton film, biasanya kita akan terbangun di keesokan harinya, entah itu pada jam 5 atau jam 6 pagi. Lalu, sahurnya gimana? Tentu saja waktu sahur sudah lewat. Untuk itu, cobalah untuk mengatur kembali waktu tidurnya. Usahakan untuk tidur di awal seperti pada jam 9 malam agar bisa terbangun untuk sahur dan waktu tidurpun cukup.

2.      Perbanyak konsumsi buah dan susu

Langkah selanjutnya adalah perbanyak konsumsi buah dan susu. Menjelang berbuka, apa menu favorit yang selalu ada? Jawabannya rata-rata adalah gorengan. Tentu saja gorengan tidak direkomendasikan dan tidak sebaiknya di konsumsi apalagi dalam jumlah yang sangat banyak. Perbanyak konsumsi buah dan susu. Buah yang direkomendasikan adalah buah yang banyak cairannya agar menambah cairan di dalam tubuh. Selain itu, susu adalah nutrisi yang direkomendasikan saat berbuka dan saat sahur

3.      Gunakan lotion dan pelembab wajah

Saat nutrisi tubuh tidak memenuhi karena berpuasa, kulit tampak kasar, kering dan layu. Gunakan lotion agar cairan kulit tetap terjaga dan tidak menyebabkan kekeringan. Selain itu, gunakan pelembab wajah dengan bahan alami seperti minyak zaitun agar kulit wajah tidak kering.

4.      Pakai tabir surya saat bepergian

Untuk menjaga kulit wajah tetap segar dan sehat, cara lain adalah dengan menggunakan tabir surya. gunakan tabir surya agar kulit wajah terhindar dari sengatan matahari sehingga tidak menyebabkan wajah menjadi kering dan kusam. Tabir surya yang dimilikinya menjaga wajah tetap dalam keadaan lembab dan putih cantik alami.

5.      Konsumsi kurma saat buka dan sahur

Menu andalan saat buka dan sahur yang direkomendasikan dan bagus bagi kesehatan adalah kurma. Ya, kurma adalah buah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memberikan efek kenyang lebih lama dengan rasa manis yang menyehatkan. Rutinkan untuk konsumsi kurma setiap kali buka dan sahur sehingga tubuh terasa tetap fit saat beraktivitas di siang harinya.

Memasuki bulan Rajab, puasa adalah salah satu ibadah yang disarankan untuk dilakukan. Banyak sekali pahala atas ibadah puasa ini diantaranya adalah dibukanya delapan pintu surga, mendapatkan minuman dari surge Rajab, ditutupnya 7 pintu neraka dan tentu saja diampuni segala dosanya dan digantilah dengan kebaikan yang banyak. Yuk, selalu tampil prima saat berpuasa di Bulan Rajab ini dengan beberapa tips di atas.

Ingin berkata sesuatu?

Sila berhubung!